Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengetahui Skin Tone Kulit, Yuk Cek Sekarang!

Mengenali skin tone itu sangat penting loh. Dengan mengenali skin tone, Kamu akan lebih mudah menentukan gaya make up yang cocok dengan tone warna kulit kamu.

Eits, skin tone itu berbeda dengan warna kulit yah. Skin tone itu under tone di kulit. Skin tone pada kulit tidak akan berubah walaupun kamu terlihat lebih putih, lebih gelap, bahkan sewaktu sedang berjerawat.

Skin tone dipengaruhi kandungan pigmen atau melanin di dalam tubuh. Setiap orang memiliki kandungan yang berbeda-beda. Karena itu, orang yang punya warna kulit sama belum tentu memiliki skin tone yang sama.

Karena itu, jangan kaget lagi kalau menemukan orang yang memiliki kulit warna sama tetapi keduanya tidak cocok menggunakan warna lipstik yang sama.

Oh iya, skin tone terdiri dari tiga macam yah. Yakni warm, neutral, dan cool. Karena skin tone itu tidak terlihat di permukaan kulit, jadi nggak usah heran juga kalau kamu memiliki warna kulit cerah namun ternyata skin tone cenderung kekuningan.

Mengenal dengan bagi skin tone akan membantu kamu menemukan warna lipstik, alas bedak, eyeshadow, hingga fashion. Skin tone bisa menjadi panduan yang cocok untuk memilih warna alas bedak atau lipstik yang sesuai.

Biar tidak semakin penasaran, mari kita ulas Cara Mudah Mengetahui Skin Tone Kulitmu. Dengan begitu, kamu akan semakin mudah menentukan gaya fashion kamu.

Menggunakan white test

Salah satu cara untuk mengetahui jenis skin tone milik kamu adalah dengan melakukan skin test. Caranya juga mudah kok. Yakni ambil kertas putih polos dan taruh di sebelah wajah yang tanpa riasan.

Kalau tak ada kertas, kamu bisa pakai handuk putih sebagai gantinya. Terlihat cenderung pucat atau cerah? Nah kalau ternyata wajah kamu cenderung tidak bercahaya maka skin tone kamu tergolong kategori tone warm.

Tetapi kalau ternyata hasilnya lebih bercahaya, maka skin tone kamu kategori cool. Kalau tidak bisa terlalu melihat perbedaannya, maka kamu tergolong yang netral.

Periksa warna pembuluh darah

Kamu mungkin sudah pernah mendengar cara ini sebelumnya. Langsung aja yah, lihatlah bagian bawah pergelangan tangan, apa warna pembuluh darah kamu?

Kalau kebiruan-keunguan maka skin tone kamu termasuk kategori yang cool. Kalau kehijauan berarti kategori warm. Sementara ternyata terlihat hijau kebiruan, maka skin tone kamu termasuk yang netral.

Lihat bagian belakang telinga

Jika warna kulit belakang teling cenderung kekuningan, maka skin tone kamu termasuk kategori warm, sedangkan kalau warna kulitnya pink atau kemerahan berarti skin tone kamu masuk dalam kategori cool.

Tetapi kalau kamu merasa kesulitan untuk membedakan warna apa yang terlihat di kulit bagian belakang telinga, berarti skin tone kamu termasuk kategori netral.

Menguji skin tone dari warna mata

Pemilik warna bola mata cokelat terang, hijau, hazel dengan bintik keemasan, dan biru biasanya cenderung memiliki skin tone kategori warm.

Sementara mereka yang terlihat dengan warna bola mata hitam, cokelat tua, biru pekat, hazel keabuan atau memiliki bintik kebiruan, serta abu-abu pekat biasanya memiliki skin tone yang cool.

Perhatikan perhiasan yang dipakai

Buat kamu yang lebih menyukai jenis perhiasan berwarna sangat cocok dengan skin tone kategori warm terlihat menyala dalam rona keemasan. Sedangkan pemilik skin tone kategori cool cocok menggunakan warna perak.

Kalau ternyata kamu menyukai dua nuansa sekaligus, emas dan perak, maka kamu pemilik skin tone netral. Cara mengetahui skin tone dengan perhiasan yakni dengan cara meletakkan rantai emas dan perak yang bersebelahan dan sejajar dengan lengan. Manakah lebih cocok untuk kulit kamu?

Kalau sudah mengunakan Cara Mudah Mengetahui Skin Tone Kulitmu itu tetapi kamu belum yakin dengan skin tone milikmu, maka tak perlu berkecil hati. Itu tandanya sekarang adalah saat yang tepat untuk mix and match dengan warna kulit dan gaya fashion kamu!